Power Supply HP Untuk Pengecekan HP Jatuh. Apa Bisa?

Di zaman sekarang ini hampir semua orang mempunyai HP dan membawanya kemana-mana. Sudah umum jika membawa HP dan memegang HP. Tetapi HP yang dibawa-bawa rentan untuk jatuh dan kemudian rusak. Jika telah terjadi kerusakan dapat diperbaiki ke servis HP. Nanti pengecekan bagian yang rusak dilakukan menggunakan power supply HP.

HP yang jatuh kemungkinan dapat pecah pada layarnya atau malah terjadi mati total. Apabila HP mati total maka akan mengganggu pekerjaan dan kegiatan sehari-hari. Sekarang HP sudah tidak hanya untuk panggilan telepon saja tetapi dapat menunjang kegiatan dan pekerjaan. Bahkan file-file penting dapat disimpan di HP sehingga lebih praktis.

Tentu saja HP yang terjatuh dan mati total akan membuat kebingungan. Apalagi jika semua pekerjaan biasanya dikerjakan melalui HP. Apabila terjadi kondisi yang demikian maka mau tidak mau harus segera membawanya ke servis HP. Biasanya dapat terjadi kerusakan di bagian hardware atau software. Agar permasalahannya tepat maka dicek melalui power supply. Berikut cara melakukan pemeriksaan melalui power supply HP.

  1. Pemasangan Komponen.

HP yang jatuh biasanya komponen akan menjadi berantakan dan berubah. Komponen HP yang masih berantakan tidak dapat langsung dicek kerusakannya melalui power supply. Jika HP jatuh maka perangkat harus dibongkar kemudian dipanaskan dan komponen diletakkan kembali pada posisi semula. Apabila jatuhnya parah maka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasang komponen.

  • Pengecekan Kerusakan.

Setelah komponen sudah berada di posisinya seperti sebelum jatuh maka pengecekan menggunakan power supply baru dapat dilakukan. Tetapi jika HP yang jatuh umumnya terjadi kerusakan pada IC power atau IC PA. Namun tidak ada salahnya jika melakukan pengecekan di power supply agar perbaikannya tepat.

Pasang konektor baterai HP ke kabel power supply kemudian atur 3,6 V. Tekan tombol on pada HP dan perhatikan. Jika amperemeter diam maka kerusakan terjadi pada hardware. Sedangkan jika amperemeter naik sekitar 50 mA maka kerusakan terjadi pada software.

Melalui pengecekan menggunakan power supply HP maka kerusakan akibat HP terjatuh dapat dideteksi dengan tepat. Apabila ada cara lain untuk mendeteksi kerusakan HP yang jatuh maka silakan menuliskan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *