Kenali Tanda Jika Power Supply Laptop Rusak

Laptop saat ini lebih dipilih karena ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Pada saat membawa laptop pasti juga akan dibawa power supply sebagai catu daya jika baterai habis. Power supply laptop harus dihubungkan ke kontak listrik yang kemudian mengalirkan arus listrik sebagai pengisi daya di laptop. Power supply ini sudah menjadi satu paket saat membeli laptop.

Tidak semua power supply selalu cocok dengan merek laptop tertentu. Pada saat membeli biasanya sudah satu paket tetapi apabila power supply rusak maka harus membeli yang sama. Power supply ini merupakan perangkat yang sangat penting apalagi jika laptop dibawa keluar. Meskipun awalnya baterai telah terisi penuh namun apabila dipakai terus maka baterai lama-lama akan habis.

Power supply bisa saja mengalami kerusakan yang dapat berpengaruh pada laptop. Tentu saja dengan kondisi ini membuat aktifitas di laptop menjadi terganggu. Kerusakan pada power supply dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti konsleting atau suhu yang terlalu tinggi.

Power Supply Laptop Rusak

Apabila power supply untuk laptop rusak maka harus segera diperbaiki. Namun jika tidak dapat diperbaiki harus membelinya lagi yang baru agar aktifitas di laptop tidak terganggu. Banyak orang yang menyimpan data maupun file penting di laptop. Apalagi jika membutuhkan laptop untuk presentasi, bekerja atau kuliah maka laptop yang telah habis baterainya akan sangat mengganggu.

Ada beberapa tanda yang dapat menjadi perhatian jika power supply rusak. Berikut beberapa tanda apabila power supply laptop mengalami kerusakan.

  1. Lampu Indikator Tidak Menyala.

Lampu indikator tanda charge masuk tidak menyala ini disebabkan oleh kerusakan pada power supply.

  • Laptop Tidak Menyala.

Laptop yang tidak menyala dapat menjadi tanda tidak adanya daya baterai yang masuk.

  • Berulang Kali Restart.

Restart yang terjadi berulang kali dapat menjadi tanda bahwa tegangan tidak stabil dan ini disebabkan kerusakan pada power supply.

  • Performa Menurun.

Layar laptop yang redup dan tidak dapat terang seperti biasanya dapat menjadi tanda bahwa terjadi kerusakan pada power supply.

Kerusakan power supply laptop dapat saja terjadi akibat berbagai kondisi. Untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan pada power supply dapat melihat tanda-tandanya agar segera diperbaiki atau diganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *