Cara Mendeteksi Ponsel Rusak Dengan Power Supply Handphone

Sebagai seorang teknisi ponsel, power supply adalah alat wajib yang harus dimiliki. Selain sebagai alat untuk menyalakan atau menghidupkan ponsel, nyatanya power supply dapat mendeteksi kerusakan dengan sangat akurat. Pada artikel kali ini akan kami paparkan beberapa cara mendeteksi kerusakan ponsel dengan menggunakan power supply.

  1. Jangan tekan tombol power terlebih dahulu, tapi hubungkan power supply ke handphone sesuai kutubnya. Lihatlah jarum ampere power, pastikan handphone tetep dalam kondisi mati. Perhatikan pergerakan dari jarum ampere, jika naik ke angka 0,05 lalu kembali ke angka 0 berarti tidak terdeteksi adanya kerusakan.

Perhatikan pergerakan jarum ampere, jika jarum tetap di angka 0 atau tidak ada pergerakan sama sekali dan hp tetap dalam keadaan mati, itu berarti sampai disini belum terdeteksi adanya kerusakan.

Apabila ampere bergerak menuju angka 0,05 dan terus naik juga diikuti menyalanya layar handphone tanpa kita hidupkan atau tanpa menekan tombol power maka kondisi ini disebut dengan auto on, itu artinya terjadi short di jalur power m. disarankan untuk memeriksa switch power handphone. Jika short silahkan ganti dengan yang baru.

  • Sebelum menekan tombol power ponsel pastikan Anda sudah menghubungkan power supply pada ponsel berikut kartu sim sesuai kutubnya.

Apabila jarum ampere bergerak pada angka 0,05-0,12 lalu naik lagi ke 0,30-0,32 lalu tiba-tiba turun kembali ke 0,0000 maka tidak ada kerusakan pada ponsel. Namun jika jarum ampere tetap diam dan ponsel tidak hidup silahkan Anda cek jalur power ponsel dan silahkan jumper jika ada yang putus. Jangan lupa untuk membalik kutup power supply ke ponsel, jika terjadi short langsung itu artinya konektor baterai aman, namun jika tetap tidak ada reaksi itu berarti konektor baterai lepas atau putus.

Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan jika Anda memiliki power supply hp. Bagaimana? Apakah paparan kami di atas cukup membantu. Semoga ulasan mengenai cara mendeteksi ponsel rusak dengan power supply handphone dapat menambah pengetahuan Anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *