Alat Servis HP Dalam Bentuk Bahan Atau Material

Secara umum, alat servis HP dapat dibagi menjadi dua jenis dan yang pertama berupa peralatan khusus sedangkan yang kedua berupa bahan atau material. Untuk peralatan yang bentuknya bahan atau material, setidaknya terdiri dari empat macam dan masing-masing adalah sebagai berikut.

1. Timah

Timah merupakan bahan yang  dipakai untuk menyolder atau memasang ponsel yang mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan yang baru. Bahan ini ada dua macam, berupa timah cair dan timah padat.

Untuk timah cair, biasanya dipakai untuk melakukan percetakan ulang terhadap jalur pada sebuah rangkaian yang sudah rusak. Sedangkan timah padat, lebih sering digunakan untuk menyolder dan memasang kaki-kaki komponen atau spare part HP yang terdapat pada lempengan PCB.

2. Siongka Atau Arpus

Siongka sering juga disebut dengan nama arpus. Perabot atau alat servis HP ini berbentuk cairan. Fungsi utamanya adalah untuk melunakan timah yang dipakai sebagai pematri, dengan tujuan agar bisa memberi perlindungan secara lebih maksimal pada spare part HP dari panas yang berlebihan, terutama saat ada proses blow. 

3. Pasta Solder Atau Lotfet

Material berikutnya yang juga seringkali dibutuhkan dalam perbaikan HP adalah pasta solder atau lotfet. Fungsinya adalah untuk membersihkan bagian ujung dari metal solder dam membuat patrian timah jadi lunak.

Bukan itu saja, pasta solder juga sering digunakan untuk membantu memasang spare part beserta komponen lain yang akan dipasang, sehingga tidakmudah bergerak dari PCB atau dudukan. Hal inibiasanya dilakukan sebelum pekerjaan penyolderan dilakukan.

4. Cairan Pembersih IPA

IPA adalah singkatan dari Iso Propanol Alkohol. Material yang menjadi bagian dari alat servis HP ini memiliki bentuk berupa cairan. Fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk membersihkan bekas siongka atau arpus yang tertinggal di area permukaan PCB setelah dilakukan penyolderan. Selain itu IPA juga dapat dipakai untuk membersihkan komponen dari karat.

Demikianlah informasi sederhana tentang alat servis HP dalam bentuk material yang dibutuhkan oleh teknisi yang ingin membuka usaha jasa perbaikan ponsel. Apabila ada pendapat lain, silakan kemukakan langsung pada kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *